Pages

Monday, May 13, 2019

Mengenal dan Mengendalikan Hama Tembakau Secara Digital

Heri Prabowo, peneliti hama dan penyakit tanaman di Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) mengatakan, ada beragam hama yang bisa menyerang tanaman tembakau. Maka seharusnya butuh penanganan berbeda pula.

Hama mulai dari Ulat Grayak (Spodoptera litura Fabricus), Belalang Daun (Valanga nigricornis), Kumbang Tembakau (Lasioderma serricorne), Kutu Kebul (Bemisia tabaci Genn) dan lainnya. Dampak kerusakan daun akibat serangan hama itu juga berbeda.

“Jenis hama sejak di awal musim tanam sampai perkembangan tanaman itu berbeda. Pengendaliannya juga berbeda,” kata Heri.

Balittas pada 2015 silam sudah menerbitkan buku panduan tentang jenis hama dan penanganannya. Dalam perkembangannya, tak menutup kemungkinan muncul hama baru dan teknologi pengendaliannya. Apalagi mulai banyak varietas baru tembakau yang ditanam.

Pada 2019 ini baru diselesaikan survei lapangan. Memperbarui klasifikasi hama dan pengendaliannya, termasuk jenis obatnya. Hasil survei tidak dituangkan dalam bentuk buku semata. Tersedia juga informasi memanfaatkan teknologi digital.

“Siapa saja bisa mendapat buku itu secara gratis. Agar penyebaran informasi lebih mudah, disiapkan informasi di aplikasi berbasis android,” kata Heri.

Aplikasi Sistem Informasi Masalah Hama Tanaman Perkebunan (SIMASTER). Disusun tim Hama Balittas, Kementerian Pertanian. Oleh Heri Prabowo bersama Nur Asbani dan Sri Adikadarsih. Menyediakan informasi bagi petani dan praktisi tanaman perkebunan.

Memudahkan pengendalian hama tanaman perkebunan. Dapat diunduh di layanan toko digital. Memuat informasi hama, jenis hama berdasar kerusakan daun sampai cara pengendaliannya disertai visualisasi agar lebih memudahkan.

“Petani sudah sering tahu dan mungkin terlampau banyak jenis hamanya, sering tak telaten. Apilkasi ini agar lebih mudah mengenali, cepat dan tepat penanganannya,” ujar Heri.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2YqOzDY

No comments:

Post a Comment