Pages

Wednesday, May 1, 2019

Strategi Kemenperin Jadikan Indonesia Pusat Fesyen Muslim Dunia pada 2020

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian ([Kemenperin](terus berupaya mewujudkan Indonesia menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia. "")) terus berupaya mewujudkan Indonesia menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia.

Menurut rencana, Kemenperin mewujudkan, sekaligus mendeklarasikannya pada 2020.Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyampaikan, Kementerian Perindustrian siap mengawal untuk mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pusat fesyen muslim dunia pada 2020.

"Menyongsong tahun 2020 yang hanya tinggal beberapa bulan lagi, kita harus segera mendeklarasikan bahwa Indonesia siap menjadi salah satu Pusat Fesyen Muslim Dunia pada Tahun 2020," kata dia, ketika membuka Muslim Fashion Festival (Muffest) 2019, di JCC, Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Dia menuturkan, sepanjang 2018 dan 2019, Kementerian Perindustrian telah dan akan melakukan berbagai program kegiatan pengembangan industri fesyen muslim yang melibatkan 656 orang pelaku usaha IKM fesyen dan 60 desainer. 

Airlangga menyebutkan, program pembinaan yang dilakukan terintegrasi dari hulu sampai dengan hilir oleh Kemenperin, seperti link and match industri fesyen muslim dengan industri tekstil, bimbingan teknis dan sertifikasi SKKNI, capacity building IKM fesyen muslim, pertumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM  busana muslim, dan Moslem Fashion Project (MOFP) berupa kompetisi dan inkubasi bagi start up fesyen muslim. 

Selanjutnya, penyusunan roadmap pengembangan industri fesyen muslim, link and match industri fesyen muslim dengan desainer.

"Pada tanggal 1 Desember 2018 yang lalu, kami telah melaksanakan Launching International Muslim Fashion Festival di Paris. Kami juga akan mendirikan Fashion District di Kota Lama Semarang yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia," ungkapnya. 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2vwVRde

No comments:

Post a Comment