Sejumlah penjual (seller) pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dari e-commerce Shopee asal Indonesia dan Thailand berkesempatan saling bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis online yang mereka geluti. Program bertajuk Seller Exchange ini merupakan bentuk kerja sama pertama kali antara Kampus Shopee Indonesia dan Shopee University Thailand.
Sebagai bagian dari program, para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) pillihan Shopee Indonesia diberangkatkan ke Thailand selama tiga hari, sejak 22 sampai 24 november 2018. Di kantor Shopee Thailand ini, para penjual kedua negara mendapatkan pengetahuan bisnis online dan bertukar pengalaman praktik bisnis.
Program ini juga diinisiasi guna mempersiapkan para penjual untuk menyambut puncak Shopee 12.12 Birthday Sale pada 12 Desember.
Marketing Manager Shopee Indonesia Monica Vionna, mengatakan jika pihaknya melihat potensi pertumbuhan UKM yang sangat besar di Thailand maupun di Indonesia yang juga memiliki peranan penting dalam menggerakkan bisnis e-commerce.
"Program ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen nyata kami untuk mendukung para pelaku UKM Shopee dengan memberikan pengalaman langsung untuk melihat pasar ritel dan pengalaman para penjual online di Thailand secara langsung, yang juga memiliki perilaku konsumen serupa dengan konsumen di Indonesia," jelas dia di Bangkok, Jumat (23/11/2018).
Dia mengatakan, program ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia. Kemudian Shopee dalam mendukung visi pemerintah pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Selama ini, kata dia, Indonesia dan Thailand juga memiliki karakteristik yang sama terkait bisnis jual beli online. Selama program ini, para peserta memiliki kesempatan untuk mempelajari persamaan dan perbedaan lingkup e-commerce di pasar Asia Tenggara dan bertukar tips secara cerita inspiratif mengenai bisnis dengan sesama penjual.
Kedua negara juga menjadi salah satu pasar potensi untuk bisnis e-commerce, termasuk untuk Shopee. Ini mengacu pada jumlah penduduk serta kebiasaan penggunaan media sosial di masyarakat kedua negara.
Program ini diakhiri dengan melakukan kunjungan ke salah satu pasar retail terbesar di Bangkok guna melihat secara langsung aktivitas jual beli dan menjadikannya sebagai referensi baru bagi bisnis mereka.
from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2P1EWXh
No comments:
Post a Comment