Pages

Thursday, November 29, 2018

KNKT Sebut AOA yang Dipakai Lion Air Hanya Diperbaiki, Tidak Diganti

Liputan6.com, Jakarta - Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Penerbangan (KNKT) Ony Suryo Wibowo mengatakan, alat sensor Angle Of Attack (AOA) yang berada di Pesawat Lion Air PK-LQP dengan kode penerbangan JT 610 hanya diperbaiki saja, bukan menggantinya dengan sparepart yang baru.

Karena berdasarkan penyelidikan KNKT, AOA Lion Air PK LQP telah bermasalah dalam empat penerbangan sebelumnya, termasuk dalam rute Denpasar-Jakarta.

Dia menjelaskan, setelah diperbaikipun, alat tersebut tidak bisa langsung dipakai. Tapi harus ada pengujian dan sertifikasi.

"Sudah diperbaiki, bukan sparepart baru dari pabrikan. Tapi perbaikan dalam dunia penerbangan ada prosedur yang sangat ketat. Setelah selesai dia harus diuji, dikalibrasi, kemudian ada sertifikatnya," kata Ony di Kantor KNKT, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

"Kalau enggak ada sertifikatnya, barang baru sekalian, barang tak boleh dipakai. Begitu pun kebalikannya, barang sudah direpair, apapun bentuknya, dengan sertifikat yang valid, sah digunakan di pesawat," sambung dia soal Lion Air.

AOA adalah bagian dari sistem penunjuk kecepatan atau airspeed indicator. AOA berfungsi sebagai indikator penunjuk sikap atau attitude pesawat terhadap arah aliran udara.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2RjMpmA

No comments:

Post a Comment