Pages

Sunday, May 12, 2019

Apakah Alien Memiliki Bahasa Seperti Halnya Manusia?

Rintangan pertama adalah media linguistik. Manusia berkomunikasi dalam rentang frekuensi suara 85-255 Hertz, dan dalam rentang frekuensi 430-770 Tera Hertz cahaya.

Ini tidak mungkin benar dari alien, yang akan berevolusi secara berbeda. Namun demikian, masalahnya sebagian besar merupakan masalah teknis.

Nyanyian paus yang dipercepat yang tidak terdengar oleh orang awam misalnya, menunjukkan bahwa relatif mudah untuk memetakan rangsangan "alien" ke dalam bentuk yang dapat dirasakan manusia.

Pertanyaan yang lebih sulit adalah apakah kita akan dapat mempelajari struktur internal bahasa alien. Perspektif yang ada dalam psikologi bahasa memberikan dua jawaban yang sangat berbeda.

Pendekatan generatif, yang berpendapat bahwa struktur bahasa tertanam dalam otak, memperkirakan gagasan ini tidak mungkin terwujud. Alasannya karena manusia datang dengan tata bahasa universal bawaan (inbuilt) yang memiliki sejumlah pengaturan khusus.

Pandangan lainnya, yakni kognitif, melihat semantik (struktur makna) lebih penting daripada sintaksis (struktur tata bahasa). Para pendukungnya berpendapat bahwa tata bahasa saja tidak cukup untuk memahami bahasa.

Sebaliknya, perlu dipasangkan dengan pengetahuan tentang konsep-konsep yang menyusun cara berpikir pengguna bahasa.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2HfMG6b

No comments:

Post a Comment