Pages

Sunday, May 26, 2019

Ini Keutamaan Malam Nuzulul Quran, Waktu Turunnya Kitab Suci Alquran

3. Malam Penuh Berkah

Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh berkah sebagaimana dalam surat Al Dukhan ayat 3:

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi”. (QS Al Dukhan: 3).

Pala ulama menafsirkan yang dimaksud dengan malam yang diberkahi pada ayat tersebut adalah malam lailatul qadar yaitu malam dimana diturunkannya Alquran.

4. Turunnya para Malaikat dan Malaikat Jibril AS

Pada malam lailatul qadar, para malaikat turun ke bumi, juga Malaikat Jibril AS. Para malaikat akan turun ketika ada umat Muslim yang membacakan Alquran. Para malaikat akan mengitari orang-orang yang berdizikir dan membaca Alquran.

Selain itu para malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka dan akan mengagungkan bagi mereka yang berdzikir dan membaca Alquran pada malam itu.

Penjelasan tersebut sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Qadr ayat 4:

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”. (QS Al Qadr: 4).

Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa banyaknya malaikat yang turun pada malam tersebut, menandakan banyaknya berkah yang turun. Turunnya malaikat pada malam lailatul qadar bersamaan dengan turunnya berkah berkah.

5. Malam Dicatatnya Takdir Tahunan

Allah SWT berfirman dalam surat Al Dukhan ayat 4:

“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah”. (QS Al Dukhan: 4)

Yang dimaksud urusan pada ayat tersebut adalah segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan makhluk, seperti hidup, mati, rezeki, untung baik, untung buruk, dan sebagainya.

Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa pada lailatul qadar akan dituliskan lauhul mahfuz. Lauhul mahfuz merupakan penulisan takdir dalam setahun, mulai dari mencatat ajal, rezeki, serta segala sesuatu hingga akhir dalam satu tahun bagi umat manusia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2VTFpOK

No comments:

Post a Comment